Minggu, 22 April 2012

Sekilas Perjalanan Microsoft Office

Video Panduan Lengkap Penggunaan Microsoft Excel 2007  

Sekilas Perjalanan Microsoft Office

Microsoft Office adalah sekumpulan software produktivitas perkantoran yang pertama kali di rilis pada tanggal 30 Agustus 1992 yang berjalan dibawah Windows 3.1 yang ketika itu menyertakan Word untuk pengolahan Kata, Excel untuk pengolahan Angka, Power Point untuk keperluan Presentasi serta Mail untuk pengiriman E-Mail. Sejak dimasa itu hingga di awal tahun 2000 an Microsoft sudah banyak merilis versi Office dengan segala macam pembaharuan demi pembaharuan, dan menjadi semakin mutakhir baik dari segi kemudahan pemakaian, tambahan fasilitas baru yang disertakan, interface (tampilan), dan penambahan-penambahan program baru kedalam kelompok Office itu sendiri.

Pada Office 2003 kebelakang, interface (tampilan) memiliki ciri Menu Bar dan Toolbar. Menu Bar yang dibagi kepada beberapa kelompok menu dan sub menu dibawahnya, dengan perkembangan dan bertambahnya fasilitas-fasilitas dalam Office maka menimbulkan kendala pada pengguna, terlebih-lebih pengguna-pengguna baru yang kesulitan menemukan fasilitas-fasillitas tertentu akibat banyaknya menu dan sub menu pada toolbar, sehingga banyak menu yang tidak termanfaatkan akibat banyaknya menu dan sub menu yang berlapis-lapis.

Oleh sebab itu Office terbaru dalam versi Office 2007 menampilkan beberapa perubahan yang revolusioner dan signifikan dengan tujuan Office 2007 semakin mudah digunakan baik oleh pengguna lama maupun pengguna baru, sehingga menempatkan aplikasi perkantoran yang paling unggul dan dengan hasil kerja yang lebih profesional.

Tidak heran banyak pengguna yang telah lama menggunakan versi-versi sebelumnya yang mungkin akan di kejutkan ketika pertama kali melihat interface (tampilan) Microsoft Office 2007. Dalam Office 2007 microsoft mengenalkan Menu andalannya yaitu Ribbon, cara baru untuk mengelompokkan menu dalam toolbar, dengan adanya ribbon pengguna tidak lagi direpotkan dengan menu berbasis teks, karena menu ribbon menampilkan semua fasiltas secara grafis berupa icon-icon, kelebihan baru pada menu ribbon, bahwa masing-masing menu dapat diakses dengan hanya satu kali klick dan tidak perlu keluar masuk menu untuk menemukan fasilitas yang diperlukan.

Untuk menggunakan layar monitor secara maksimal menu ribbon dapat disembunyikan sementara tidak diperlukan. Office 2007 mempermudah, mempercepat, dan meningkatkan hasil akhir.

Klick disini untuk melihat tutorial selanjutnya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar