Rabu, 10 Oktober 2012

Cara Menggunakan JavaScript

Cara Menggunakan JavaScript

JavaScript dikelilingi oleh tag <script> dan tag </ script>.

JavaScript biasanya digunakan untuk memanipulasi elemen HTML.

Tag <script>

Untuk menyisipkan JavaScript ke dalam halaman HTML, gunakan tag <script>.

<script> dan </ script> memberitahukan di mana JavaScript dimulai dan berakhir.

Antara <script> dan </ script> adalah isi JavaScript:

<script>
alert("JavaScript Saya");
</script>

Anda tidak perlu memahami kode di atas. Tetapi faktanya, bahwa browser akan menafsirkan dan mengeksekusi kode JavaScript antara tag <script> dan tag </ script>.
Dalam beberapa contoh di tulis type = "text / javascript" dalam tag <script>. Hal ini tidak diperlukan dalam HTML5. JavaScript adalah scripting bahasa default di semua browser modern dan HTML5.
Memanipulasi Elemen HTML

Untuk mengakses sebuah elemen HTML dari JavaScript, Anda dapat menggunakan document.getElementById (id) method.

Gunakan "id" atribut untuk mengidentifikasi elemen HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
<h1>Halaman Web Saya yang Pertama</h1>
<p id="demo">Paragraf Pertama Saya.</p>
<script>
document.getElementById("demo").innerHTML="JavaScript Pertama Saya";
</script>
</body>
</html>

Ketika JavaScript dieksekusi oleh browser web. Dalam kasus ini, browser akan mengakses elemen HTML dengan id "demo" =, dan mengganti isinya (innerHTML) dengan "JavaScript Pertama Saya".

Menulis ke Output Dokumen

Contoh di bawah ini menulis elemen <p> langsung ke output dokumen HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<h1>Halaman Web Pertama Saya</h1>

<script>
document.write("<p>JavaScript Pertama Saya</p>");
</script>

</body>
</html>

Peringatan

Menggunakan document.write () hanya untuk menulis langsung ke output dokumen.

Jika Anda menjalankan document.write setelah dokumen selesai diloading, maka halaman HTML keseluruh akan ditimpa:

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<h1>Halaman Web Pertama Saya</h1>

<p>Paragraf Pertama Saya</p>

<button onclick="myFunction()">Coba Klick</button>

<script>
function myFunction()
{
document.write("Ups! Dokumen menghilang!");
}
</script>

Artikel Sebelumnya .....
Artikel Selanjutnya .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar